1. Penjual dan Pembuat Produk

Penjual, baik yang merupakan entrepreneur tunggal atau perusahaan besar, merupakan vendor, merchant, creator produk, atau retailer yang memiliki produk untuk dijual.

Produk tersebut bisa berupa barang fisik seperti misalnya alat-alat perlengkapan rumah tangga, atau jasa yang contohnya berupa makeup tutorial di internet.

Biasanya penjual atau seller ini juga dikenal sebagai brand, dan mereka tidak harus terlibat secara langsung dalam proses marketing itu sendiri.

Namun, mereka juga bisa menjadi pengiklan dan mendapatkan keuntungan bagi hasil dari penjualan affiliate marketing.

2. Affiliate atau Pengiklan

Juga biasa dikenal sebagai pengiklan, affiliate ini bisa merupakan individu atau perusahaan yang memasarkan produk penjual, dengan cara yang menarik kepada konsumen potensial.

Dengan kata lain, secara sederhana, affiliate berperan dalam memasarkan produk barang atau jasa kepada konsumen yang berkemungkinan besar akan membelinya. Affiliate juga bertindak dengan cara meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut bermanfaat untuk mereka, sehingga mereka membelinya. Jika konsumen membeli produknya, maka affiliate mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Pada umumnya affiliate sudah memiliki target audiens atau konsumen tersendiri yang sangat spesifik. Biasanya, segmen konsumen ini dibuat oleh affiliate berdasarkan minat mereka.

Hal ini juga turut membantu dalam proses pembuatan niche atau personal brand, yang dapat membantu affiliate untuk menarik konsumen, yang sekiranya bakal memberikan respon positif terhadap pemasaran yang dilakukan oleh affiliate.

3. Konsumen

Peranan konsumen sangat penting dalam affiliate marketing. Ini karena affiliate memasarkan produk berdasarkan minat dan permintaan konsumen, biasanya melalui media sosial, blog dan website. Ketika konsumen membeli produknya, maka penjual dan affiliate akan berbagi hasil keuntungan dari penjualan tersebut. Ada kalanya affiliate berterus terang kepada konsumen bahwa mereka akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Namun, banyak juga affiliate yang benar-benar tidak menjelaskan bahwa penjualan produk tersebut termasuk bagian dari affiliate marketing, sehingga konsumen tak mengetahuinya sama sekali.

Sebab, jika konsumen tahu bahwa produk tersebut merupakan bagian dari affiliate marketing, besar kemungkinan mereka tidak akan mau membelinya melalui affiliate.

Sementara, komisi untuk affiliate menjadi tambahan harga jual produknya. Kebanyakan konsumen memang cenderung memilih berbelanja tanpa melalui sistem affiliate marketing sehingga mereka menerima produknya secara langsung dari penjual, dengan harga yang normal juga.

Jadi, Anda perlu mempertimbangkan dengan matang, apakah akan berterus terang atau tidak perlu menjelaskan kepada konsumen, bahwa Anda merupakan affiliate.

Affiliate Marketing Asesmen Sumatif Bisnis Bisnis Online Evaluasi Pendidikan Hasil Belajar instagram Jurusan Kuliah Jurusan kuliah bikin kaya Jurusan Kuliah dengan Gaji Tinggi Jurusan Kuliah Favorit Jurusan Kuliah Terpopuler Jurusan Kuliah yang Prospeknya Bagus kesehatan Kesehatan Mental KIP-K 2022 KIP 2022 KIP Kuliah Landing Page Mindset Minset Bisnis Motivasi olahraga pendidikan Pendidikan Jasmani PIP 2022 PJOK program affiliate adalah program affiliate amazon program affiliate lazada program affiliate marketing program affiliate marketing indonesia program affiliate marketing shopee program affiliate shopee program affiliate shopee adalah program affiliate tokopedia Sekolah Menengah Atas (SMA) shareasale affiliate program Tips tips bisnis Tips Whatsapp Trik Whatsapp Whatsapp Whatsapp bussines WhatsApp Marketing